Sabtu, 07 Mei 2011

Metode dan Media dalam Promosi Kesehatan


A.    Metode Promosi Kesehatan
1.      Curah Pendapat
Curah pendapat adalah suatu bentuk pemecahan masalah dimana setiap anggota mengusulkan semua kemungkinan pemecahan masalah yang terpikirkan oleh masing-masing peserta dan evaluasi atas pendapat-pendapat tadi dilakukan kemudian.
Kelebihannya:
a.       Dapat memperoleh pendapat yang baru
b.      Dapat merangsang setiap anggota untuk berperan secara aktif
c.       Dapat menghasilkan reaksi berantai dalam pendapat
d.      Tidak banyak menyita waktu
e.       Kegiatan dapat digunakan dalam kelompok besar maupun kelompok kecil
f.       Tidak memerlukan seorang pimpinan yang terlalu formal
Kekurangannya:
a.       Sangat mudah terlepas dari kontrol
b.      Harus dianjurkan dengan evaluasi jika kegiatan ini diharapkan menjadi efektif
c.       Kemungkinan menjadi sulit untuk membuat peserta mengetahui bahwa segala pendapat dapat diterima
d.      Para peserta cenderung untuk mengadakan evaluasi segera setelah suatu pendapat diajukan.

2.      Diskusi Kelompok
Kegiatan diskusi kelompok adalah proses pembicaraan yang direncanakan dan telah dipersiapkan tentang suatu topik pembicaraan diantara 5-20 peserta (sasaran promosi kesehatan) dengan seorang pemimpin diskusi yang telah ditunjuk.
Kelebihannya:
a.       Akan memberikan kemungkinan untuk saling mengutarakan pendapat diantara para peserta
b.      Merupakan suatu pendekatan yang bersifat demokratis dalam menyampaikan pendapat atau gagasan dari setiap peserta
c.       Dapat mendorong rasa persatuan diantara para peserta
d.      Dapat memperluas pandangan tiap peserta
e.       Dapat menghayati kepemimpinan bersama dan membantu mengembangkan kepemimpinan kelompok.
Kekurangannya:
a.       Kegiatan ini tidak dapat dipakai dalam kelompok besar
b.      Peserta mendapatkan informasi terbatas
c.       Dalam pelaksanaan kegiatan membutuhkan pimpinan diskusi yang terampil agar tidak menyimpang dari topik yang akan dibicarakan
d.      Diskusi dapat menyimpang dari alur/topik yang dibicarakan
e.       Kemungkinan akan dapat diskusi oleh orang-orang yang pintar dalam berbicara.

3.      Snow Balling
Secara bahasa snowballing berarti bola salju. Dinamakan metode snowballing karena dalam pembelajaran peserta didik melakukan tugas individu kemudian berpasangan. Dari pasangan tersebut kemudian mencari pasangan yang lain sehingga semakin lama anggota kelompok semakin besar bagai bola salju yang menggelinding.
Metode ini digunakan untuk mendapatkan jawaban yang dihasilkan dari peserta didik secara bertingkat. Dimulai dari kelompok yang lebih kecil berangsur-angsur kepada kelompok yang lebih besar sehingga pada akhirnya akan memunculkan dua atau tiga jawaban yang telah disepakati oleh peserta didik secara kelompok. Strategi ini akan berjalan dengan baik jika materi yang dipelajari menuntut pemikiran yang mendalam atau yang menuntut peserta didik untuk berfikir analisis bahkan mungkin sintesis.
Kelebihannya:
a.       Dalam metode ini peserta didik melakukan aktivitas membaca dan pencarian informasi
b.      Penggunaan metode snowballing mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik. Karena melalui metode diskusi model snowballing terjadi interaksi peserta didik dengan pengajar, sehingga proses belajar mengajar berjalan efektif dan respon peserta didik dalam memecahkan masalah baik yang diajukan peserta didik ataupun oleh pengajar sangat nampak ketika belajar dengan metode snowballing.
c.       Peserta didik terlihat aktif menjawab pertanyaan serta mempertanyakan kembali masalah yang dibahasnya sedetail mungkin.
Kekurangannya:
a.       Materi-materi yang bersifat faktual, yang jawabannya sudah ada di dalam buku teks mungkin tidak tepat diajarkan dengan strategi ini
b.      Kelas jelas lebih ribut, ramai dan agak kacau pada kegiatan pembelajarannya dibandingkan dengan kelas yang kegiatan belajarnya konvensional saja.

4.      Role Play
Role play/bermain peran adalah memerankan suatu situasi dalam kehidupan manusia tanpa diadakan latihan, dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk dipakai sebagai bahan pemikiran oleh kelompok.
Kelebihannya:
a.       Dapat menarik perhatian peserta
b.      Dapat dipahami pada kelompok besar maupun kecil
c.       Dapat lebih membantu peserta untuk menganalisa situasi
d.      Menambah rasa percaya diri (self confidence) pada peserta tersebut
e.       Membantu peserta dalam mendalami suatu permasalahan
f.       Membantu peserta untuk mendapatkan pengalaman yang ada pada pikiran orang lain.
g.      Membangkitkan minat peserta untuk memecahkan masalah
Kekurangannya:
a.       Banyak peserta yang tidak dapat memerankan sesuatu
b.      Terbatas hanya kepada beberapa situasi saja
c.       Kemungkinan masalah disatukan dengan pemerannya.

5.      Metode Simulation Game
6.      Buzz Group
7.      Ceramah
8.      Seminar
9.      Simposium
10.  Panel

B.     Jenis-Jenis Media
1.      Berdasarkan Bentuk Umum Penggunaan
a.       Bahan bacaan: Modul, buku rujukan/bacaan, folder, leaflet, majalah, buletin, dan sebagainnya.
b.      Bahan peragaan: Poster tunggal, poster seri, plipchart, transparan, slide, film, dan sebagainya.
2.      Berdasarkan Cara Produksinya
Berdasarkan cara produksinya media promosi kesehatan dikelompokkan menjadi:
a.       Media cetak, yaitu suatu media statis dan mengutamakan pesan-pesan visual. Media cetak pada umumnya terdiri dari gambaran sejumlah kata, gambar atau foto dalam tata warna.
Adapun bentuknya dapat berupa poster, leaflet, brosur, majalah, surat kabar, lembar balik, sticker dan pamflet. Fungsi utama media cetak ini adalah memberi informasi dan menghibur.
Kelebihannya:
1)      Tahan lama
2)      Mencakup banyak orang
3)      Biaya tidak tinggi
4)      Tidak perlu listrik
5)      Dapat dibawa kemana-mana
6)      Dapat mengungkit rasa keindahan
7)      Mempermudah pemahaman
8)      Meningkatkan gairah.
Kekurangannya:
1)      Media ini tidak dapat menstimulir efek suara dan efek gerak
2)      Mudah terlipat.
b.      Media elektronik, yaitu suatu media bergerak dan dinamis, dapat dilihat dan didengar dalam menyampaikan pesannya melalui alat bantu elektronika.
Adapun bentuk media tersebut berupa TV, radio, film, kaset CD/DVD.
Kelebihannya:
1)      Sudah dikenal masyarakat.
2)      Mengikutsertakan semua panca indra
3)      Lebih mudah dipahami
4)      Lebih menarik karena ada suara dan gambar bergerak
5)      Bertatap muka
6)      Penyajian dapat dikendalikan
7)      Jangkauan relatif lebih besar
8)      Sebagai alat diskusi dan dapat diulang-ulang
Kelemahannya:
1)      Biaya lebih tinggi
2)      Sedikit rumit
3)      Perlu listrik
4)      Perlu alat canggih untuk produksinya
5)      Perlu persiapan matang
6)      Peralatan selalu berkembang dan berubah
7)      Perlu keterampilan penyimpanan
8)      Perlu terampil dalam pengoperasian
c.       Media luar ruang, yaitu media yang menyampaikan pesannya di luar ruang secara umum melalui media cetak dan elektronika secara statis, misalnya:
1)      Papan reklame yaitu poster dalam ukuran besar yang dapat dilihat secara umum di perjalanan.
2)      Spanduk yaitu suatu pesan dalam bentuk tulisan dan disertai gambar yang dibuat di atas secarik kain dengan ukuran tergantung kebutuhan dan dipasang di suatu tempat yang strategis agar dapat dilihat oleh semua orang.
3)      Pameran
4)      Banner
5)      TV layar lebar.
Kelebihannya:
1)      Sebagai informasi umum dan hiburan
2)      Mengikutsertakan semua panca indra
3)      Lebih mudah dipahami
4)      Lebih menarik karena ada suara dan gambar bergerak
5)      Bertatap muka
6)      Penyajian dapat dikendalikan
7)      Jangkauan relatif lebih besar
8)      Dapat menjadi tempat bertanya lebih detail
9)      Dapat menggunakan semua panca indra secara langsung, dan lain-lain.
Kekurangannya:
1)      Biaya lebih tinggi
2)      Sedikit rumit
3)      Ada yang memerlukan listrik
4)      Ada yang memerlukan alat canggih untuk produksinya
5)      Perlu persiapan matang
6)      Peralatan selalu berkembang dan berubah
7)      Perlu keterampilan penyimpanan
8)      Perlu keterampilan dalam pengoperasian.


Selengkapnya Download Disini

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar